tip and trik part 0 (crontab pakai vim)

Berawal pengen donlot malem biar trafic nya gak berat,pake crontab untuk penjadwalan nya,setelah dua hari komputer gak mati,begitu dicek ternyata command dicrontab nya salah..AAAAAAARRRRGGGHHHH...
gara-gara salah nulis nama file.sh yang akan dipanggil crontab.

Ya sudah terpaksa edit lagi crontab nya,dan disini permasalahan dimulai.
1. udah kesel donlot 2 hari gak kelar-kelar
2. editor default nya pake vi,...(ane lupa perintah nya jadi nya kesel :) )

lalu muncul "wangsit", kenapa gak pake vim aja sebagai editor defaultnya???

perjalanan dimulai, setelah tanya sana-sini di warung Google.akhir nya dapet juga.saya menggunakan Slackware 13.karena dari beberapa manual di google yang saya coba tidak berhasil(mungkin saya nya yg salah :P ),
oke langsung saja:

1.export VISUAL ,karena kita ingin menggunakan vim maka
$ export VISUAL=/usr/bin/vim

nah sekarang coba jalan kan
$ crontab -e
editor default nya akan berubah menjadi vim.
2.karena saya males untuk ngetik lagi tiap kali di restart maka di buat default saja,cara nya :

edit file d
$ vi /etc/profile
cari bagian ini
# Set ksh93 visual editing mode:
if [ "$SHELL" = "/bin/ksh" ]; then
VISUAL=vim
#  VISUAL=emacs
#  VISUAL=gmacs
#  VISUAL=vi
fi
tambah kan baris
VISUAL=vim
seperti diatas ,sekarang editor default anda adalah vim, huff crontab jadi lebih menyenangkan.

Comments