Membuat LVM di Linux (Slackware)

sumber:
http://howtoforge.com
dan sumber lain nya di internet.

Berawal dari Hardisk server yang sudah tidak layak lagi menampung banyak nya data, maka si Bos memutuskan untuk menambahkan size Hardisk dengan menggunakan LVM agar lebuh mudah dan flexible untuk di tambah kembali. info: server kantor, masih server jangkrik (hu..hu..hu..)

silahkan baca definisi LVM di internet karena saya tidak menjelaskannya disini, RTFM.









Pada praktek ini saya menggunakan FlashDisk dengan ukuran 4G
 yang akan saya partisi menjadi 2 Bagian.

1. ketikkan perintah fdisk -l
akan terlihat device flasdisk saya sebagai /dev/sdc1
dengan filesystem W95 FAT 32.



2. Saya akan menghapus partisi dalam flasdisk saya menggunakan fdisk
jalan kan perintah fdisk /dev/sdc .
setelah itu tekan p untuk melihat tabel partisi
d untuk mendelete partisi yang ada
w untuk mengeksekusi perintah / menuliskan partisi baru







3. Gunakan cfdisk untuk membuat partisi baru.
bash-4.1# cfdisk /dev/sdc
Buat 2 partisi, dalam contoh ini masing-masing memiliki size 1G
lalu tipe file system nya set menjadi Linux LVM (8E)

lihat gambar bawah









4. membuat Physical Volume.
    selanjut nya kita akan membuat physical volume dengan cara mendaftarkan device yang tadi telah kita buat dengan file system Linux LVM
dengan perintah  :

pvcreate nama_device (misal /device/sdc).

setelah kita buat, kita bisa melihat physical volume dengan pvdisplay, 
atau dengan pvscan  untuk melihat physical volume aktif.


5. Membuat Volume Group.
setelah tadi kita mendaftarkan sebuah device/partisi ke dalam physical vol (selanjut nya saya sebut PV), sekarang kita akan membuat sebuah Volume Group untuk menampung PV yang tadi kita daftarkan.
dengan perintah:

vgcreate nama_volgroup nama_device

contoh dibawah saya menamakan VolumeGroup (untuk selanjut nya saya sebut VG) dengan nama VolLat00.
untuk melihat VG yang ada dengan perintah:

   vgdisplay

akan terlihat nama VG dan ukurannya (mohon di ingat).
untuk melihat VG yang ada dengan perintah :

    vgscan


6. Membuat Logical Volume.
selanjuta nya setelah kita mendaftarkan device ke PV dan telah membuat VG, maka kita akan membuat Logical Volume (untuk selanjut nya akan saya sebut LV). LV ini yang akan terbaca oleh root / untuk di mounting nanti.
langkah nya adalah:
      1. lihat VG aktif, ingat VG name dan size
      2. buat LV baru dengan perintah :

          lvcreate -L (size)  --name (nama LV) nama_VG(lengkap dengan pathnya)
            
          lihat gambar bawah.
          buat lah LV dengan size tidak lebih besar dari VG nya.
      3. untuk melihat LV yang ada dengan lvdisplay.
          akan terlihat informasi berupa LV name, Vg name dan Size nya


7. Membuat file system agar dikenali oleh root system.








8.  Mount LVM yang tadi telah kita buat untuk contoh saya mount partisi LVM tadi ke /mnt/tmp , lalu lihat ukuran nya dengan df -h














9. unmount/lepaskan  kembali partisi LVM nya,karena selanjut nya saya akan menjelaskan cara menambah size LVM dari device lain.





Comments