Nagios Escalations Notification

analogi:
Suatu ketika ada sebuah Rumah Sakit dan memiliki 3 ( Hilal, Dzaki dan Gally) orang Dokter (IT Staff) dan 1 orang Kepala RS (si Bos),
Lalu di suatu malam yang indah dan bertaburan bintang salah satu pasien (service) tiba-tiba kejang-kejang (akibat sakit menahun), dan si perawat (nagios) yang selalu setia menmantau pasiennya akan mengirimkan sebuah pesan pemberitahuan klo ada pasien (service) yang kejang-kejang.
Karena tidak ada tingkatan / jenjang kepada siapa pemberitahuan tersebut dikirim pertama kali, maka semua orang yang bertanggung jawab akan dikirimi semua yaitu 3 orang dokter (IT Staff) dan ke Kepala RS, 
Si Bos yang sedang tidur nyenyak sangat terganggu dengan kiriman pemberitahuan yang bertubi-tubi itu. Akhir nya untuk mengatasi masalah tersebut maka si Bos akan mengirim kan perintah kepada si perawat, bila nanti ada yang kejang-kejang lagi yang pertama harus dikirim pemberitahuan adalah Dokter Hilal, bila masih kejang-kejang juga kirim pemberitahuan ke Dokter Dzaki, klo ternyata masih juga kejang-kejang kirim pemberitahuan ke Dokter Gally, begitu seterus nya sampai si pasien berhenti kejang-kejang..

okeh lalu bagaimana cara membuat escalation notification di nagios?

1.) define contact group
definisikan semua kontak yang akan dikirimi pemberitahuan (ketiga Dokter itu)

/etc/nagios/objects/contacts.cfg

define contact {
        contact_name    Hilal
        use             generic-contact         
        alias           dr.Hilal
        email           hilal@rs-sehat-selalu.com
}

define contact {
        contact_name    Dzaki
        use             generic-contact         
        alias           dr.Dzaki
        email           dazki@rs-sehat-selalu.com
}

define contact {
        contact_name    Gally
        use             generic-contact         
        alias           dr.Gally
        email           gally@rs-sehat-selalu.com
}


2.) define service

define service {
        use                   hardware-service
        host_name             pasien_raid 
        service_description   md-raid_status
        check_command         check_nrpe!check_mdraid
        check_interval        15
        max_check_attempts    4
        notification_interval 30
        notification_period   24x7
 }


3.) define serviceescalation berdasarkan service yang ingin kita monitor

# Escalation 1
define serviceescalation
{
         host_name             pasien_raid
         service_description   md-raid_status
         first_notification    4
         last_notification     8
         contacts              Hilal
         notification_interval 15
}

# Escalation 2
define serviceescalation
{
         host_name             pasien_raid
         service_description   md-raid_status
         first_notification    8
         last_notification     0
         contacts              Dzaki
         notification_interval 120
}

# Escalation 3
define serviceescalation
{
   ...... untuk latihan ......rubah last_notification pada eskalasi 2, agar hasil nya bisa berjenjang... :)
}

Keterangan

contacts              :        daftar semua kontak yang terkait dengan pemberitahuan ini eskalasi 
first_notification :  nomor pemberitahuan yang menyebabkan eskalasi aktif  
last_notification : nomor pemberitahuan yang menyebabkan eskalasi mati; men set ke 0 akan menyebabkan pemberitahuan secara terus-menerus

Eskalasi 1 akan aktif setelah di picu oleh pemberitahuan ke empat yang dikirim oleh nagios, dan akan berhenti mengirimkan pesan pemberitahuan setelah pesan ke delapan yang dikirim kan oleh nagios, interval dari pemberitahuan ini adalah 15 menit.

Eskalasi 2 akan aktif setelah dipicu oleh pemberitahuan ke delapan yang dikirim kan oleh nagios, dan tidak akan berhenti sampai service bisa teratasi karena last_notification di set ke 0. interval dari pemberitahuan ini adalah 2 jam. 

sumber:  Wojciech Kocjan (Learning Nagios 3.0)

Comments

  1. bisa eskalasi...nagios emang ok

    ReplyDelete
  2. akhirnya jalan jg eskalasinya, setelah contacts diganti sama contact_groups (di serviceescalation)...thx u

    ReplyDelete

Post a Comment