analogi:
Suatu ketika ada sebuah Rumah Sakit dan memiliki 3 ( Hilal, Dzaki dan Gally) orang Dokter (IT Staff) dan 1 orang Kepala RS (si Bos),
Lalu di suatu malam yang indah dan bertaburan bintang salah satu pasien (service) tiba-tiba kejang-kejang (akibat sakit menahun), dan si perawat (nagios) yang selalu setia menmantau pasiennya akan mengirimkan sebuah pesan pemberitahuan klo ada pasien (service) yang kejang-kejang.
Karena tidak ada tingkatan / jenjang kepada siapa pemberitahuan tersebut dikirim pertama kali, maka semua orang yang bertanggung jawab akan dikirimi semua yaitu 3 orang dokter (IT Staff) dan ke Kepala RS,
Si Bos yang sedang tidur nyenyak sangat terganggu dengan kiriman pemberitahuan yang bertubi-tubi itu. Akhir nya untuk mengatasi masalah tersebut maka si Bos akan mengirim kan perintah kepada si perawat, bila nanti ada yang kejang-kejang lagi yang pertama harus dikirim pemberitahuan adalah Dokter Hilal, bila masih kejang-kejang juga kirim pemberitahuan ke Dokter Dzaki, klo ternyata masih juga kejang-kejang kirim pemberitahuan ke Dokter Gally, begitu seterus nya sampai si pasien berhenti kejang-kejang..
okeh lalu bagaimana cara membuat escalation notification di nagios?
1.) define contact group
definisikan semua kontak yang akan dikirimi pemberitahuan (ketiga Dokter itu)
/etc/nagios/objects/contacts.cfg
define contact {
contact_name Hilal
use generic-contact
alias dr.Hilal
email hilal@rs-sehat-selalu.com
}
define contact {
contact_name Dzaki
use generic-contact
alias dr.Dzaki
email dazki@rs-sehat-selalu.com
}
define contact {
contact_name Gally
use generic-contact
alias dr.Gally
email gally@rs-sehat-selalu.com
}
2.) define service
define service {
use hardware-service
host_name pasien_raid
service_description md-raid_status
check_command check_nrpe!check_mdraid
check_interval 15
max_check_attempts 4
notification_interval 30
notification_period 24x7
}
3.) define serviceescalation berdasarkan service yang ingin kita monitor
# Escalation 1
define serviceescalation
{
host_name pasien_raid
service_description md-raid_status
first_notification 4
last_notification 8
contacts Hilal
notification_interval 15
}
# Escalation 2
define serviceescalation
{
host_name pasien_raid
service_description md-raid_status
first_notification 8
last_notification 0
contacts Dzaki
notification_interval 120
}
# Escalation 3
define serviceescalation
{
...... untuk latihan ......rubah last_notification pada eskalasi 2, agar hasil nya bisa berjenjang... :)
}
Keterangan
contacts : daftar semua kontak yang terkait dengan pemberitahuan ini eskalasi
first_notification : nomor pemberitahuan yang menyebabkan eskalasi aktif
last_notification : nomor pemberitahuan yang menyebabkan eskalasi mati; men set ke 0 akan menyebabkan pemberitahuan secara terus-menerus
Eskalasi 1 akan aktif setelah di picu oleh pemberitahuan ke empat yang dikirim oleh nagios, dan akan berhenti mengirimkan pesan pemberitahuan setelah pesan ke delapan yang dikirim kan oleh nagios, interval dari pemberitahuan ini adalah 15 menit.
Eskalasi 2 akan aktif setelah dipicu oleh pemberitahuan ke delapan yang dikirim kan oleh nagios, dan tidak akan berhenti sampai service bisa teratasi karena last_notification di set ke 0. interval dari pemberitahuan ini adalah 2 jam.
sumber: Wojciech Kocjan (Learning Nagios 3.0)
bisa eskalasi...nagios emang ok
ReplyDeleteakhirnya jalan jg eskalasinya, setelah contacts diganti sama contact_groups (di serviceescalation)...thx u
ReplyDelete